Insenerator & Hydroponic berbasis IoT

Waste (WS)

Bulan September 2020, Akademi Teknik Telekomunikasi Sandhy Putra Jakarta (Akademi Telkom Jakarta) mendapatkan pendanaan untuk Hibah Penelitian dengan skema Pekerti dari PPM Telkom University. Skema penelitian pekerti merupakan jenis penelitian dari unit Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) Telkom University (Universitas Telkom) dengan ketentuan adanya kolaborasi dari  para peneliti di Telkom University dengan perguruan tinggi dibawah Lemdikti YPTelkom dalam hal ini Akademi Telkom Jakarta.

Dua proposal yang berhasil lolos penyeleksian adalah “Insenerator untuk diimplementasikan di lingkungan Akademi Telkom Jakarta” dan “Hydroponic”. Tim Proposal Hyrdoponic terdiri dari Muhamad Ramdani, M.T. sebagai Ketua dari Telkom University dan Anggota mitra dari Akademi Telkom Jakarta (Ade Rahmat Iskandar, M.T., Ade Nurhayati, M.T., dan Suyatno, M.T). Tim peneliti Hydroponic mengambil tema penelitian “Pengendalian power of Hydrogen (pH) dan Kelembaban Tanaman Hidroponik Sistem Deep Flow Technique (DFT) Berbasis Internet of Things (IoT)”.

Budidaya Hydroponic sudah banyak diimplementasikan saat ini di kalangan masyarakat umum, meski pun umumya masih dilakukan secara tradisional atau manual. Pada konsep sistem yang diajukan oleh tim Hydoponic adalah menggunakan metode DFT dengan berbasis IoT, dimana pemberian nutrisi pada tanaman hydrponic akan dilakukan secara otomatis menggunakan konsep IoT. Luaran dari hibah peneltian ini adalah publikasi di Seminar Internasional Terindeks Scopus dan produk berupa Hydroponic dengan metode DFT berbasis IoT.

Pada proposal “Insenerator” diketuai oleh Dr.Eng. Indra Chandra (Telkom University) dan Anggota mitra dari Akademi Telkom (Ade Rahmat Iskandar, M.T., Muhamad Roihan, M.T., dan Suyatno, M.T.). luaran dari dari penelitian Insenerator adalah produk berupa pembuatan Insenerator atau teknik pengolahan sampah dengan cara dilakukan teknologi pembakaran sampah dengan cara melibatkan pembakaran bahan organik, insinerasi material sampah mengubah sampah menjadi abu, gas sisa hasil pembakaran, partikulat dan panas. Luran dari Proposal Insenerator ini adalah berupa publikasi di Jurnal atau seminar Internasional terindeks dan produk berupa Insenerator yang akan diimplementasikan di Akademi Telkom Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *